Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI) termasuk dalam denominasi Protestan Mennonite, yang muncul dari dalam gereja Reformatori (Kristen Protestan) pada abd ke-16, seiring dengan adanya Gerakan Reformasi di Jerman pada tahun 1517 yang diprakasai oleh Martin Luther (1483-1546) di Swiss dibawah pimpinan Ulrich Zwingli (1484-1531).

Pada tahun 1825 kelompok Mennonite masuk ke Indonesia melalui Doopsgezinder Zending Raad (DZR), yaitu Badan Misi Mennonite dari Belanda yang melakukan penginjilan di antara orang-orang Jawa di sekitar gunung Muria. Sementara di Kudus seorang pengusaha bernama Tee Siem Tat (1872-1940) bertobat setelah mengalami kesembuhan ilahi dan melakukan penginjilan di antara orang-orang Tionghoa di kota Kudus dan sekitarnya.

Tanggal 6 Desember 1920, ditetapkan sebagai hai jadi GKMI dan pada tanggal 20-21 Januari 1960 dalam persidangan di Jepara klasis Chineesche Doopsgezinde Christengemeente (Tionghoa Kie Tok Kauw Hee) berubah menjadi Persatuan (Sinode) Gereja Kristen Muria Indonesia. Dan pada Sidang Raya IV PGI di Jakarta pada tanggal 3-13 Juli 1960, GKMI diterima sebagai anggota PGI ke-31 serta mendapat pengakuan Pemerintah Republik Indonesia sebagai Badan Hukum dengan keputusan Menteri Agama RI. No. 128 tahun 1968 tanggal 17 Juni 1968.

Pada tahun 1958, gereja Tuhan ini mulai meluaskan diri dan pelayanan keluar daerah sekitar Muria yaitu membuka jemaat di Semarang. Dan oleh kemurahan Tuhan berdirilah GKMI Semarang yang saat ini berada di Jalan Pemuda 75 Semarang.

GKMI Gloria Patri adalah anak ketiga dari GKMI Semarang. GKMI Semarang sendiri kini telah melahirkan 6 gereja yang bertumbuh menjadi dewasa yaitu GKMI Selatiga, GKMI Lampermijen Semarang, GKMI Gloria Patri Semarang, GKMI Sola Gratia Semarang, GKMI Progo Semarang, GKMI Yogyakarta dan GKMI Sidodadi Semarang.

Sebagai anak yang ketiga, diawali dengan nama GKMI Semarang cabang Tanah Mas, yang pada tanggal 25 September 1986 diresmikan gedung serba gunanya. Proses dari GKMI Semarang cabang Tanah Mas sampai menjadi GKMI Gloria Patri Semarang memakan waktu 4 tahun, dan di tanggal 25 September 1990, ditetapkan sebagai hari jadi GKMI Gloria Patri Semarang.

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

Forgot your details?